Senin, 28 Desember 2009

Dimanakah Letak Telinga Kupu-Kupu Berada ?

Photobucket

SEBUAH struktur mengagumkan pada telinga seekor kupu-kupu tropis yang secara potensial memungkinkannya membedakan nada tinggi dan rendah, diungkap oleh ilmuwan universitas Bristol,Inggris.Para ilmuwan tersebut percaya bahwa struktur tersebut dihubungkan dengan kemampuan mendeteksi pemangsanya, terutama burung.Kupu-kupu Morpho biru Morpho peleides, di Amerika tengah, dan Amerika selatan, terkenal akan warna warni sayapnya, dan sekarang yang lebih mengagumkan justru,telinganya, yang berada pada sayap tersebut.

Sebuah telinga sederhana, terdapat pada dasar sayap dan terlihat sepintas seperti karet yang teregang. Membran tympani, terletak di tengah, berdekatan langsung dengan organ sensorik  dan berguna merubah gelombang suara menjadi sinyal yang diteruskan ke sel-sel syaraf. Dengan memakai laser, Katie lucas (pemimpin penelitian) menscan permukaan membran saat bekerja, dan menemukan, nada rendah hanya menimbulkan getaran pada bagian luar membran, sementara nada tinggi menimbulkan getaran pada seluruh membran. Struktur membran yang unik ini memungkinkan kupu-kupu membedakan nada rendah dan tinggi. dan dari rekaman didapatkan kupu-kupu lebih sensitif dengan nada rendah. pendengaran kupu-kupu ini tak biasanya sensitif membedakan nada rendah jika dibandingkan dengan insekta lain yang memiliki telinga yang mirip. Struktur ini memungkinkan kupu- kupu mampu mendengar dengan rentang nada yang luas,sehingga menurut kesimpulan Katie lucas dan koleganya, memungkinkan kupu-kupu mendengar burung. Tim berkesimpulan kesensitifan akan nada rendah ini membuat kupu-kupu ini bisa mendengar kepakan sayap burung., sementara nada tinggi untuk mendengar kicauan burung. ( Kathleen M. Lucas/The Journal of Experimental Biology/fer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Dunia Sains |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.